4 GEREJA TEMPAT IBADAH UMAT KRISTEN DI KECAMATAN SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH | DESA SENDANG ASRI



Kecamatan sendang agung merupakan bentukan dari 9 desa yang ada diwilayah sendang, dan sekarang menjadi sebuah kecamatan yakni kecamatan sendang agung lampung tengah.

Dari 9 desa yang ada dikecamatan sendang agung lampung tengah merupakan sebagian besar berasal dari pulau jawa yang bertransmigrasi ke lampung tengah yang menempati wilayah sendang.

Alhasil, perpindahan penduduk dari pulau jawa ke pulau sumatra yakni tepatnya provinsi lampung tengah, awal mereka yang datang ke lampung tengah tepatnya wilayah sendang berasal dari berbagai latar belakan suku, budaya, ras, golongan serta keyakinan atau pun agama yang berbeda-beda.

Namun, penduduk yang datang ke sumatera lampung tengah yang menempati wilayah sendang, ataupun kecamatan sendang agung dengan bertransmigrasi, mereka ataupun penduduknya memiliki visi dan misi yang besar yakni hidup yang lebih baik dan sejahtera.

Meskipun latar belakang yang berbeda-beda dari kedatangan sebagai penduduk transmigrasi, kebiasaan dari desa asal terbawa kewilayah transmigrasi yakni lampung tengah.

Kebiasaan tersebut sebagai cerminan warnag negara indonesia yakni adalah semangat gotong royong, tidak membeda-bedakan antara suku dan agama.

Dikecamatan sendang agung lampung tengah, salah satu contoh keragaman budaya, suku serta agama yang ada, namun dengan demikian tetapa terjaga dan saling menjaga walaupun berbeda tetap NKRI.

Dengan ditandai kerukunan umat beragama, dikecamatan wilayah sendang agung berdiri beberapa rumah ibada umat lain, yakni kriten dan budah.


Nah, berikut ini adalah daftar rumah ibada umat kristen ( Gereja ) yang ada di kecamatan sendang agung lampung tengah.

Diketahui bersama bahwasannya gereja memiliki arti dalam kamus bahasa indonesia yang artinya kumpulan atau suatu lembaga dari umat atau penganut kritiani, istilah dalam bahasa yunani yang bermula dan muncul dari perjanjian baru dialkitab kristiani dab biasanya disebut jemaat atau umat.

1. Desa Sendang Asih Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah.




a. Gereja Katolik Santo Yohanes.

Desa sendang asih yang terletak ditengah-tengah antara desa sendang asri, desa sendang retno dan desa sendang baru, desa ini memiliki rumah ibadah umat kristiani (Gereja) yang dibanguan dengan megah yang digunakan untuk beribadah dihari-hari besar ataupun setiap harinya untuk umat kristiani.


2. Desa Sendang Agung Dan Juga Sekaligus Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah.




a. Gereja Katolik Sang Timur.

Gereja atau tempat ibadatan umat kristiani ini, dibangun dan terletak di desa sendang agung, yakni dikecamatan sendang agung lampung tengah.

Selain untuk peribadatan, gereja ini pun digunakan untuk kegiatan umat kristiani yang ada di desa sendang agung lampung tengah.


3. Desa Sendang Mulyo Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah.




a. Gereja Katolik St. Maria Bunda Allah.

Gereja Katolik St. Maria Bunda Allah merupakan gereja yang dibangun dan terletak di desa sendang mulyo kecamatan sendang agung lampung tengah.

Sebagaimana mestinya gereja ini digunakan untuk peribadatan serta berbagai kegiatan umat kristiani yang ada di desa sendang mulyo.


4. Desa Sendang Mulyo Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah.

a. Gereja Kerasulan Baru.

Masih dari desa sendang mulyo kecamatan sendang agung lampung tengah, selain Gereja Katolik St. Maria bunda Allah ada pula Gerja Kerasulan Baru yang letaknya tidak jauh dari gereja katolik st. bunda allah.


Dari 4 bagunan rumah ibadah umat kristiani menandakan bahwa kecamatan sendang agung dan wilayah desa yang ada dibawah kecamatan sendang agung terlihat ukuah umat beragam, saling toleransi dan gotong royong membangun semangat umat beragama.

Nah, demikianlah 4 gereja yang ada dikecamatan sendang agung lampung tengah, semoga dengan adanya artikel ini, kita bisa mengetahui hal-hal yang kita tidak tahu dan menjadikan pelajaran dalam toleransi antar umat beragama yang ada diwilayah lain, terkhusu desa yang ada di kecamatan sendang agung lampung tengah.

Daftar data gereja yang ada di kecamatan sendang agung lampung tengah, merupakan data yang terdaftar di layanan google map indonesia.




Post a Comment

0 Comments