HASIL PERTANIAN DAN PERKEBUNAN DESA SENDANG ASRI LAMPUNG TENGAH



Desa atau kampung sendang asri yang masuk dalam kecamatan sendang agung provinsi lampung tengah ini merupakan sebuah desa yang penduduk atau masyarakatnya sebagian besar adalah masyarakat yang berpenghasilan dari sektor pertanian dan perkebunan.

Masyarakat desa sendang asri dari 100 persen, masyarakatnya 80 persen berpenghasilan dari bidang pertanian dan perkebunan, 20% penduduk atau masyarakat desa sendang asri sektor yang lain seperti berdagang, kuli, dan industru kecil perumahan.

Sektor pertanian kampung sendang asri untuk bisa mengolah lahan pertanian seperti sawah selalu mengandalkan musim penghujan, sebab kampung atau desa sendang asri 100% merupakan lahan pertanian yang masuk dalam katagori lahan tadah hujan.

Oleh sebab itu kampung sendang asri atau desa sendang asri, jika mulai masuk musim kemarau tentunya akan sulit untuk pengolahan lahan pertanian seperti padi, para petani kampung sendang asri akan mengolah lahan pertanian dengan cara lain untuk bisa menghasilkan penghasilan.

Masyarakat kampung sendang asri jika mulai masuk pada musim kemarau lahan pertaniannya tetap bisa dimanfaatkan dengan mengganti tanaman palawija dengan berbagai jenis tanaman, seperti sayur-sayuran serta buah-buahan.

Meskinpun sesuai namanya kampung sendang asri adalah nama ciri khas kampung yang memiliki ciri kampung yang banyak air, banyak sumber air, namun pada kenyataannya jika masuk pada musim kemarau masyarakatnya akan kesulit air untuk bidang pengolahan lahan pertanian padi.

Sebab, dikampung sendang asri sendiri tidak lah cukup stock air, untuk bisa mencukupi lahan pengolahan pertanian sawah, karena kampung sendang asri tidak memiliki irigari air yang baik bahkan belum adanya irigasi yang mumpuni untuk pengolahan lahan persawah pertanian padi.

Nah, kemudian sektor perkebunan yang ada saat ini dikampung sendang asri atau desa sendang asri adalah perkebunan sawit, kakao dan karet ciri khas perkebunan masyarakat desa sendang asri pada umumnya tidak dikelolah secara perusahaan.

4 sampai 5 tahun silam, perkebunan desa sendang asri ini merupakan perkebunan dengan sistem tumpang sari, perkebunan tumpang sari adalah perkebunan masyarkat desa dengan sistem berbagai jenis tanaman apa saja yang ditanam dilahan perkebunan, dan hasil perkebunannya pun bermacam-macam.

Sumber utama mata pencarian pemasukan ekonomi bagi masyarakat sendang asri adalah pertanian dibidang pengolahan lahan persawahan tanaman padi, hal itu masih banyak faktor-faktor yang menjadikan kendala bagi masyarakat sendiri.

Dengan demikian masyarakat desa sendang asri ataupun kampung sendang asri dibilang masih sangat minim untuk hasil yang didapat dari sektor pertanian yang ada pada saat ini dan perlu adanya tidakan yang seriun untuk sektor pertanian sawah supaya hasil pertanian meningkat.


Post a Comment

0 Comments